Jumat, Mei 15, 2009

Cobra Mansa (sang Ular Jinak)


Mestre Cobra Mansa (lahir di Cinézio Feliciano Peçanha, 1960 di Duque de Caxias, Brasil) umumnya dikenal sebagai Cobrinha, Cobrinha Mansa, adalah Mestre of Capoeira Angola. Dia adalah salah satu pendiri organisasi FICA (di Brazil, kependekan dari Fundaçao Internacional de Capoeira de Angola) atau ICAF (dalam bahasa Inggris) yang kepanjangannya International Capoeira angola Foundation, Kata "FICA" di Portugis berasal dari kata "ficar", yang berarti "Anda tinggal". Singkatan FICA lebih disukai karena memiliki arti dalam bahasa portugis. Dibandingkan dengan kata ICAF yang tak berarti apa-apa." FICA dapat juga diartikan sebagai "membiarkan Capoeira tradisional stay-tetap ada" atau "Anda menjadi". FICA / ICAF merupakan organisasi Capoeira angola terbesar di dunia, yang terdiri dari berbagai daerah afiliasi, bab, dan pusat pelatihan terorganisasi di Amerika Serikat. Organisasi-organisasi ini mungubas nominal tagihan biaya tahunan keanggotaan, dan lokasi yang ada di beberapa negara di Amerika, Eropa dan Asia.

Mestre Cobra Mansa telah dikenal dalam dunia Capoeira. Dia mulai mengenal Capoeira pada tahun 1973 dengan Mestre Josias da Silva dan Raimundo di Rio lingkungan dari Duque de Caxias. Ia bermain dalam Capoeira Duque Caxias rodas dan salah satu pendiri dari Caxias Street Roda bersama Mestre Russo Rogerio dan Peixinho de Caxias. Pada tahun 1974 Cobra Mansa menjadi murid Mestre Moraes setelah ia melihat gerakan capoeira mestre moraes dalam salah satu roda di pusat kota Brazil. Sebelum mendedikasikan hidupnya untuk Capoeira Angola, ia bekerja sebagai fotografer dan sebagai vendor jalan di sebuah sirkus (Circo Picolino). Ia pergi ke Belo Horizonte pada tahun 1979 dan menjadi pejabat polisi di kota ini selama 2 tahun. Tahun 1981 ia pergi ke Salvador dan mendirikan organisasi dan sekolah, GCAP (Grupo Capoeira angola Pelorinho) di Salvador dengan Mestre Moraes.
Beberapa tahun kemudian dalam GCAP, Mestre Cobrinha dan Moraes memiliki perbedaan filosofis atas dalam capoeira. Hasilnya adalah Mestre Cobrinha dan beberapa anggota lain pergi dari GCAP serta membentuk FICA.
Pada undangan dari Aussar Auset Masyarakat, Cobrinha dipindahkan ke Amerika Serikat dan membuka sekolah di Washington DC sekitar tahun 1994, yang hanya mendedikasikan untuk pengajaran Capoeira Angola. Dia kemudian menjadi ajudan Professor di Universitas George Washington, dan kemudian akhirnya menjadi presiden yang baru dibentuk FICA. Pada tahun 2004 ia meninggalkan Amerika Serikat untuk membuat rumahnya di Bahia, Salvador, Brasil untuk menciptakan Kilombo Tenonde (www.kilombotenonde.com) Organisasi ini saat ini sedang terpecah atas dua lokasi, satu di Valencia, selatan Bahia. Quilombo Tenonde menyediakan tempat untuk Capoeira dan permacultura (Permaculture - pertanian organik). Tempat lainnya adalah pusat budaya di Coutos di suburban dari Salvador.
Cobra Mansa berarti ular yang jinak atau ular yang kecil. Julukan ini adalah gambaran gaya bertarungnya yang sangat luwes dan sangat pandai berkelit dan menyerang dengan tiba-tiba. Kemampuannya untuk mengubah situasi dan inovatif dalam hal acrobatic telah membuat dia menjadi capoeirista yang paling berpengaruh Angoleiro (capoeirista Capoeira Angola). Dia tidak pernah mempersulit keadaan dalam bercapoeira. Malah dia berkeliling ke berbagai tempat untuk meluruskan dua kelompok yang bersitegang dalam memahami capoeira. Capoeiranya terus dihormati dan hargai baik oleh Capoeira Angola dan Capoeira contemporer. Dia masih merupakan inspirator bagi banyak pemain muda.
Mestre Cobrinha lebih dikenal sebagai Mestre dari Capoeira Angola dia sangat dihormati atas pengetahuan dan beasiswa dari sejarah dan budaya dari Capoeira Angola, juga untuk gaya yang dinamis dan agresif dalam bermain di roda.
Dia baru saja menyelesaikan perjalanan ke pusat wilayah Afrika untuk mencari akar dari Capoeira Afrika. Dia menghabiskan waktu untuk belajar tentang "N'golo (tari Zebra)" dan tradisi Afrika lainnya yaitu budaya lokal yang telah diberikan di masa lalu sebagai kontribusi terhadap perkembangan Capoeira di Angola dan Mozambik.

0 komentar:

Posting Komentar

budayakan meninggalkan pesan sebelum pulang...

  © Blogger templates 'Sunshine' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP