Sabtu, Mei 23, 2009

TENDANGAN DALAM CAPOIRA (BASIC)


Secara umum, tendangan dalam capoeira dapat dibagi menjadi dua. yaitu tendangan lurus (langsung menuju lawan), dan tendangan yang berputar (tidak langsung tetapi ada awalan gerakannya).
berikut adalah beberapa contoh gerakan dalam capoeira yang termasuk kategori tendangan langsung menuju lawan.

PONTERIA
tendangan ini adalah tendangan yang langsung menuju lawan. gerakannya dimulai dari posisi gingga (basic of the basic move) lalu kaki yang berada di belakang langsung menendang ke depan dengan gerakan seperti huruf "U" dari bawah ke atas. dalam latihan, biasanya gerakan ini digunakan untuk meningkatkan jangkauan. lebih jelasnya silahkan saksikan video berikut.



MARTELO
tendangan ini adalah tendangan yang langsung seperti Ponteria, akan tetapi martelo bertujuan untuk menyerang lawan dari bagian samping lawan. Untuk lebih jelasnya silahkan liat video berikut.



Bencao
Berikutnya adalah bencao (baca:bensao), seperti biasa dimulai dari gingga kemudian kaki yang di belakang maju lurus ke depan. berpeda dengan ponteria, tendangan bencao tidak diayun melainkan berfungsi untuk mendorong lawan. sasaran dari tendangan bencao ini adalah dada. satu hal lagi, menurut bahasa, bencao berarti anugerah. tapi anda tidak akan merasa mendapatkan anugerah apabila salah satu bagian dari tubuh anda terkena. ;)



CHAPA

The chapa is a generic name for a range of kicks using the flat bottom of the foot. Generally a chapa, as I’ve learned it, has the player pivot like a martelo, but push out with their foot like a benção. Biar jelas liat videonya deh,... :p



Nah...berikut adalah tendangan-tendangan yang memutar, dengan tumpuan di salah satu kaki karenanya dibutuhkan keseimbangan yang baik untuk melakukannya. biasanya tendangan ini sangat digemari oleh para capoeirista. karena gerakannya yang indah dan kontak yang kuat dan mematikan...


ARMADA

langsung aja deh lihat videonya ya...cape nulisnya nih... :)




MEIA LUA DE FRENTE



QUEIXADA (kisada)



Meia LUA DE COMPASSO
Ini merupakan gerakan favorit saya. karena ini adalah salah satu tendangan paling kuat dalam capoeira. para capoeirista gemar sekali melakukannya. karena gerakannya relatif mudah dan sangat ideal untuk menyerang lawan.





Akhirnya sebagai pelaku capoeira, saya mengucapkan terima kasih pada semua yang telah membantu saya dalam berlatih. dan kepada para capoeirista lainnya, teruslah berlatih dengan sungguh-sungguh.
_SALVE_

1 komentar:

Unknown November 30, 2018  

nice technique...πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Posting Komentar

budayakan meninggalkan pesan sebelum pulang...

  © Blogger templates 'Sunshine' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP