Senin, Mei 04, 2009

"Cordao De Ouro" (sabuk emas) dari brazil


Capoeira cordao de ouro didirikan oleh Master Suassuna sekitar tahun 60-an, lebih tepatnya tanggal 1 September 1967, bersama dengan Mestre Brasilia, pada waktu ada fetifal musik besar-besaran di brazil. Grand mestre suassuna mendapatkan gagasan untuk membuka akademi, dan Grand mestre Suassuna memutuskan untuk menggunakan cordao de ouro (yang berarti sabuk emas) sebagai nama grupo. Grand mestre Suassuna mengajarkan Capoeira Regional dan Capoeira Angola bersama Mestre Brasilia di ruang yang sama. tak lama kemudian, Mestre Brasilia mendirikan grupo sendiri, "São Bento Grande". masa ini adalah masa-masa sulit untuk capoeira. capoeira masih dilarang untuk dijadikan sebuah akademi. Grand mestre Suassuna dari Bahia Itabuna pindah ke sao paulo dan terus memperjuangkan capoeira dengan cara menunjukkan teknik dan cara bertarung capoeira. akhirnya Dia membuka akademi pertama di Sao Paulo. Bersama Bambas, tais como Lobão, esdras filho, Tarzan, belisho, Almir das Areias, Caio, dan lainnya.
Capoeiristas yang tadinya bersembunyi (capoeira masa itu masih merupakan hal terlarang) dari utara dan timur laut datang di sini, untuk belajar seni Capoeira, Cordao de ouro menjadi rujukan kepada mereka untuk bergabung dan berlatih. Cordao de ouro adalah akademi yang banyak menghasilkan nama-nama besar. seperti Mestre Flávio Tucano, Biriba, Dal, Marcelo Caveirinha, Urubú Malandro, Espirro Mirim, Xavier, Lúcifer, Torinho, Pial, Cangurú, Sarará, Zé Antônio, Ponciano, Bolinha, Geraldinho, tak lupa juga Mestre Cícero, Mestre Zé Carlos dan Mestre Penteado, yang belajar di akademi ini mengejar "sabuk emas" dari suassuna dan banyak diantaranya yang menjadi mestre besar.
Suassuna tidak pernah berpangku tangan berdiam diri. terus menerus mengembangkan capoeira. hasilnya setelah bertahun-tahun terrciptalah "gerakan capoeira versi baru" yaitu gerakan yang lebih pelan dari regional namun sedikit lebih cepat dari angola. gerakan ini dikembangkan bersama Boca Rica, Habibs, Mintirinha, Kibe, Denis, Saroba, Coruja, Chicote, Chiclete, Kino, Pintado, Lú Pimenta, Barata, Muriel, Esquilo, Romualdo dan lain-lain. gaya permainan baru capoeira yang kini lebih dikenal dengan "Miudinho".

Saat ini, dengan sejumlah cabang cordao de ouro yang tersebar di seluruh dunia, ternyata cordao de ouro memiliki peran menonjol di antara semua grupo capoeira, tidak hanya jasa Mastre Suassuna untuk olahraga dan kebudayaan, tetapi atas patisipasi dan perjuangan semua murid-muridnya. Dalam rangka untuk memelihara capoeira di tingkat yang sangat teknis, kecepatan gerakan , agility, ketahanan, kreativitas, musik dan ke-buas-an capoeira, tanpa melupakan akar-nya. filosofi ini menjadi akar dari miudinho capoeira.

berikut adalah video permainan miudinho yang diciptakan suassuna
silahkan lihat...


0 komentar:

Posting Komentar

budayakan meninggalkan pesan sebelum pulang...

  © Blogger templates 'Sunshine' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP